Mudahnya Membayar Zakat di Era Sekarang

Author: No Comments Share:

Sub Tema Pengalaman Berzakat
Berzakat melalui BAZNAS, Lembaga Amil Zakat (LAZ) secara online maupun offline

Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada delapan golongan yang berhak menerimanya yaitu Fakir, Miskin, Ibnu Sabil, Fisabilillah, Gharmin, Amil dan Muallaf (berdasarkan surat At-Taubah ayat 60). Zakat secara bahasa artinya bersih, suci, subur, berkat, dan berkembang. Dimana didalam Al-quran surat At-Taubah Ayat 103 disebutkan salah satu fungsi Zakat adalah untuk mermbersihkan dan mensucikan harta kita. Zakat termasuk rukun Islam ke-4 dan menjadi salah satu unsur paling penting dalam menegakkan Syariat Islam.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, sangat mudah sekali di era sekarang ini untuk menyalurkan zakat kita baik Zakat Fitrah, Zakat Mal, Zakat Penghasilan, banyak sekali Lembaga atau Badan di sekitar kita yang dapat kita percaya untuk menyalurkan Zakat kita. Mulai dari lembaga zakat besar dan resmi maupun lembaga/amil zakat di sekitar lingkungan tempat kita tinggal atau lingkungan kerja kita. Seperti halnya di lingkungan kerja saya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo, di madrasah kebanggan saya ini juga sudah dibentuk UPZ atau Unit pengumpulan Zakat dimana lembaga ini adalah lembaga resmi yang dibentuk pada Rabu 19 September 2018 dan pembentukannya dilakukan oleh BAZNAS (Badan Zakat Nasional) Kab. Probolinggo bersama Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo. Acara ini langsung dihadiri oleh Bapak Santuso, S.Ag, M.Pd selaku Kepala Kemenag Probolinggo serta Drs. H. Achmad Muzammil selaku Ketua BAZNAS Kabupaten Probolinggo. UPZ ini menjadi wadah bagi warga lingkungan MTSN 1 Probolinggo dan lingkungan sekitar madrasah yang ingin menyalurkan Zakat, Infak dan Sedekah, kita dapat menyalurkan langsung Zakat kita melalui kordinator UPZ yang biasanya di kordinir oleh Ustazah Dra. Umi Hanik. Selain dengan pembayaran langsung, untuk guru dan karyawan madrasah jika ingin membayar zakat secara rutin setiap bulan juga dapat melakukannya dengan langsung memotong dari gaji kita sejumlah sesuai yang kita inginkan. Seluruh hasil zakat yang terkumpul di kelola oleh pengelola UPZ untuk disalurkan kepada yang berhak menerima di dalam lingkungan madrasah sendiri dan juga disalurkan untuk warga masyarakat di lingkungan sekitar madrasah.

Pembentukan UPZ MTsN 1 Probolinggo oleh Baznas dan Kemenag Kab. Probolinggo

UPZ yang saya sebutkan diatas adalah contoh salah satu lembaga pengumpul zakat yang ruang lingkupnya kecil di lingkungan kerja kita, di Indonesia juga ada Lembaga zakat terbesar dan terpercaya yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Lembaga ini merupakan Badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. BAZNAS mempunyai jaringan yang sangat luas dimana terdiri dari 34 BAZNAS tingkat provinsi, 500 BAZNAS kabupaten/Kota, 18 Lembaga Amil Zakat Nasional dan 19 Lembaga Zakat Internasional. (sumber Baznaz.org)

Pengalaman saya menggunakan BAZNAS pun juga sangat memuaskan karena BAZNAS  sangat memudahkan kita dalam menyalurkan zakat.  BAZNAS  mempunyai banyak channel pembayaran zakat diantaranya:

  1. Transfer bank, dengan metode ini kita dapat membayar Zakat dnegan cara mentransfer sejumlah nominal ke rekening BAZNAS langsung dimana BAZNAS menyediakan kurang lebih 22 macam rekening bank penerima yang sebagian besar adalah bank-bank populer yang biasanya kita pakai.seperti BCA, Muamalat, BNI, BRI dll. Kita tinggal memilih rekening bank mana yang akan kita tuju kemudian kita dapat melakukan transfer melalui teller, ATM, Mobile banking maupun Internet Bangking sesuai yang kita inginkan.
  2. Pembayaran Online   dengan paypal, sejujurnya ini cukup membuat saya kaget karena ternyata BAZNAS juga menyediakan penerimaan pembayaran dengan paypal. Seperti kita ketahui paypal sendiri merupakan channel pembayaran onlite populer di dunia yang berpusat di Amerika yang sering digunakan untuk metode pembayaran online internasinal, dengan adanya metode pembayaran paypal ini menandakan BAZNAS sangat serius dan dan ingin menjangkau semua kalangan didalam negeri dan luar negri. Untuk membayar dengan paypal kita bisa menuju halaman https://baznas.go.id/bayarzakat dan disana sudah disediakan tombol paypal dan kita tinggal klik saja kemudian mengisi nominal dilanjutkan login ke akun paypal kita dan tinggal klik bayar.
  3. Pembayaran Online dengan Fintech, Ini adalah metode pembayaran yang paling saya suka dari BAZNAS, dimana sudah tersedia pembayaran online yang memanfaatkan Fintech (Financial technology). Seperti kita ketahui Fintech ini sedang booming dan lagi digandrungi masyarakat indonesia, banyak sekali fintech yang digandeng oleh BAZNAZ diantaranya GoPay, OVO, LinkAja, Dana, TCash, Jenius dan masih banyak lagi lainnya.  Dengan fintech ini kita dapat melakuakn pembayaran zakat dengan beberapa sentuh saja dari smartphone atau hand phone kita mungkin hanya dalam hitungan menit.

    Gambar diatas contoh dari mudahnya pembayaran zakat dengan fintech gopay, shopee dan ovo, kita tinggal masuk ke halaman https://baznas.go.id/bayarzakat kemudian kita scan dengan aplikasi fintech kita, selanjutnya masukkan nominal dan tinggal klik pay/bayar/transfer.
  4. Pembayaran dengan E-Commerce, sering sekali saya memakai aplikasi marketplace namun baru tahu ternyata BAZNAZ juga menyediakan channel pembayaran melalui aplikasi marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dll. Caranya pun juga sagat mudah, Cuma beberapa langkah saja dan jauh lebih mudah daripada ketika kita berbelanja di marketplace tersebut.

Sejatinya masih banyak sekali chennel pembayaran dari BAZNAZ yang belum saya sebutkan diatas seperti melalui kitabisa, jemput zakat, doku, line dll. Jika dibahas semua sepertinya tidak akan ada habisnya karena saking banyaknya.

Selain itu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat mengimbau masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak, dan sedekah lewat Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) resmi karena hal itu sesuai dengan Undang-undang No 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. Sampai saat ini Baznas masih terus melakukan verifikasi LAZ yang meminta rekomendasi untuk mendapatkan ijin operasional dari Kementerian Agama. Berikut saya berikan beberapa daftar Lembaga Amil Zakat yang telah memenuhi syarat dan izin beroperasi dari Kementrian Agama. (sumber baznaz.org dan Instagram @literasizakatwakaf)

  1. LAZ Rumah Zakat Indonesia
  2. LAZ Daarut Tauhid
  3. LAZ Baitul Maal Hidayatullah
  4. LAZ Dompet Dhuafa Republika
  5. LAZ Nurul Hayat
  6. LAZ Inisiatif Zakat Indonesia
  7. LAZ Yatim Mandiri Surabaya
  8. LAZ Lembaga Manajemen Infak Ukhuwah Islamiyah
  9. LAZ Dana Sosial Al Falah Surabaya
  10. LAZ Pesantren Islam Al-Azhar
  11. LAZ Baitulmaal Muamalat
  12. Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Nahdatul Ulama (LAZISNU)
  13. LAZ Global Zakat
  14. LAZ Muhammadiyah
  15. LAZ Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia
  16. LAZ Perkumpulan Persatuan Islam
  17. Yayasan Rumah Yatim Ar-Rohman Indonesia
  18. LAZ Yayasan Kesejahteraan Madani
  19. LAZ Yayasan Griya Yatim & Dhuafa
  20. LAZ Yayasan Daarul Qur’an Nusantara (PPPA)
  21. LAZ Yayasan Baitul Ummah Banten
  22. LAZ Yayasan Pusat Peradaban Islam (AQL)
  23. LAZ Yayasan Mizan Amanah
  24. LAZ Panti Yatim Indonesia Al Fajr
  25. LAZ Wahdah Islamiyah

Jadi jika kalian mau menyalurkan zakat bisa ke salah satu LAZ di atas ya. Agar penghimpunan zakat bisa lebih tertib dan juga penyalurannya bisa tepat sasaran. Dengan kemudahan-kemudahan yang saya tulis diatas nampaknya tidak ada alasan bagi kita untuk mengatakan membayar zakat itu sulit karena ternyata membayar zakat itu sangatlah mudah bahkan semudah mengerakkan jari-jari kita tanpa berpindah tempat.

Backlink:
Bimas Islam
literasizakatwakaf.com

Sumber dan Referensi:
Baznaz.org
literasizakatwakaf.com
Instagram : @literasizakatwakaf
Facebook : @Literasizakatwakaf
Twitter : @ZakatWakafToday

9.7
  • Score 9.7
  Next Article

$100 off Linux Foundation Certification for Ubuntu Users

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*