Kontroversi pembocoran dokumen rahasia oleh wikileaks

Author: No Comments Share:
wikileaks

Sudah ribuan kawat diplomatik AS dibocorkan situs whistleblower WikiLeaks termasuk dokumen perang afganistan dan juga dokumen rahasia yang bersifat “memalukan”.Tidak hanya itu wikileaks juga mengungkap dokumen-dokumen diplomat AS yang mengata-ngatai para pemimpin dunia yang menjadi sekutu atau rivalnya. Apa sajakah ejekan mereka?.WikiLeaks mengungkapkan, para diplomat AS menilai sejumlah para pemimpin dunia yang menjadi sekutu atau rival AS. Ternyata kesan mereka banyak bernada satir bahkan mengejek.Seperti dilansir telegraph.co.uk pada Senin (29/11/2010) lalu, sudah ada sejumlah pemimpin negara yang dikomentari secara rahasia oleh AS. Berikut adalah beberapa contohnya:

1.Diplomat AS menilai PM Italia Silvio Berlusconi sangat dekat dengan Putin. Mereka suka bertukar hadiah mahal. AS khawatir Berlusconi jadi juru bicara Putin di Eropa. Berlusconi dibilang lemah secara fisik dan politik serta seorang pemimpin Eropa yang tidak efektif. Kegemarannya berpesta sampai larut malam membuatnya kurang istirahat.

2.Presiden Afganistan Karzai disebut paranoid. Dia sangat lemah dan tidak mau mendengarkan fakta. Malah dia lebih mendengarkan pembisik bahkan untuk keterangan yang paling aneh sekalipun.

3.AS menyamakan Ahmadinejad dengan Adolf Hitler. Raja Abdullah dari Saudi Arabia tidak menyukainya dan kerap meminta AS menyerbu Iran. Memotong kepala ular, begitu istilah dari Raja Abdullah jika AS menghancurkan Ahmadinejad.

4.Juga dikatakan Jika bepergian, Qaddafi penguasa Libya harus membawa seorang suster pirang nan montok asal Ukrainia. Qaddafi juga takut tinggal di ketinggian dan tidak suka terbang di atas perairan. Penggemar balap kuda dan tari Flamenco ini marah saat dilarang mendirikan tenda ala Arab Badui di Kota New York.

Selain Itu masih banyak dokumen-dokumen lain yang di bocorkan oleh wikileaks termasuk ribuan dokumen yang terkait indonesia.Tak ayal situs ini pun menjadi kontroversial dan menjadi sasaran berbagai serangan termasuk DDos yang memksa situs mereka tidak bisa dibuka beberapa jam.Selain itu Situs Wikileaks yang sebelumnya berlindung di server Amazon telah Dipaksa pindah oleh Amazon yang diduga karena intervensi pemerintah AS.Dan terakhir berdasarkan IPnya dikabarkan Wikileaks di host di Prancis.

Pendirinyapun Julian Assange menjadi buron interpol.Terakhir Assange yang memang nomaden dikabarkan berada di Inggris dan masih menjadi misteri tentang keberadaanya.


Previous Article

LCD ASUS, Terbaik di Pasar Konsumen 2010

Next Article

kaskus-The largest Indonesian Community

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*